Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Broker? Mengenal Lebih Dekat Dengan Broker (Pialang)

Trading merupakan bisnis yang sangat populer sekarang ini. Sebelum memulai trading tentunya terlebih dahulu memilih broker yang aman dan terpercaya, supaya keuntungan yang didapat lebih maksimal.

Apa yang dimaksud dengan Broker?

Apa yang dimaksud dengan broker?
 

Broker disebut juga Pialang dalam bahasa Indonesia merupakan  perusahaan yang bertugas sebagai perantara antara investor dan pasar trading. 

Karena pertukaran sekuritas hanya menerima pesanan dari individu atau perusahaan yang menjadi anggota dari pertukaran itu, pedagang individu dan investor memerlukan layanan dari anggota bursa. 

Broker menyediakan layanan itu dan diberi kompensasi dengan berbagai cara, baik melalui komisi, biaya atau melalui pembayaran oleh bursa itu sendiri.

Selain mengeksekusi permintaan klien, broker dapat melakukan penelitian, rencana investasi, dan analisa pasar kepada investor. Mereka juga dapat melakukan cross-selling produk dan layanan keuangan lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pialang mereka, seperti akses ke penawaran klien pribadi yang menyediakan solusi khusus untuk klien bernilai tinggi. 

Pada zaman dahulu, hanya orang kaya yang mampu membayar broker dan mengakses pasar saham. Kini dengan adanya koneksi internet yang lancar dapat memungkinkan pasar diakses oleh siapa saja, broker online pun bermunculan di mana-mana, yang memungkinkan investor untuk berdagang dengan biaya lebih rendah.

Peran broker adalah sebagai perantara antara investor atau klien dengan pasar modal. Broker bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan perintah transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan oleh investor.


Apa Fungsi Broker?

Fungsi broker adalah salah satunya melakukan analisis pasar modal, membuat rekomendasi kepada investor berdasarkan analisis saham, seperti analisis ekonomi dan pasar, reputasi perusahaan pemilik dan informasi terkait lainnya di pasar modal. Semakin banyak rekomendasi yang diberikan, semakin tinggi pula reputasi broker.


Berapa gaji broker?

Dikutip dari situs gajimu.com yang diakses pada tanggal 25 januari 2022, Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi Broker/Perantara Perdagangan - dari IDR2,537,314 untuk IDR11,606,066 per bulan - 2022.

Broker/Perantara Perdagangan biasanya menghasilkan antara IDR2,537,314 dan IDR5,846,245 bersih per bulan pada awal pekerjaan.

Setelah 5 tahun bekerja, ini antara IDR3,078,933 dan IDR8,460,631 per bulan untuk seminggu kerja selama 40 jam.


Apakah tugas seorang broker?

Sebagai perantara perdagangan, Tugas Broker adalah menyediakan jasa, yaitu berupa eksekusi pesanan klien. Broker dibayar dengan berbagai cara, baik melalui komisi, biaya, ataupun dibayar oleh pihak bursa sendiri. Selain itu, broker menyediakan jasa riset, rencana investasi, dan analisis pasar kepada investor.


Apa saja jasa dari full service broker?

Full-service broker memberikan layanan penuh, seperti memberikan laporan hasil analisis, pemberian informasi, melaksanakan perintah transaksi investor, dan memelihara rekening investor.


Mengapa di pasar modal penting dan harus ada dalam pialang (broker)?

Peran paling penting dari broker adalah digunakan sebagai perantara sebuah transaksi antara pihak pasar modal dengan investor. Tanpa adanya broker tidak akan ada transaksi yang berlangsung. Selain itu pialang juga memberikan berbagai instrumen seperti forex, saham, komoditi, dan lain sebagainya.


Bagaimana cara kerja Broker?

Cara Kerja Pialang dari Broker adalah sebaga berikut; Seorang investor akan memberikan perintah jual atau beli kepada seorang pialang, dan kemudian pialang akan mengeksekusi perintah tersebut. Harga serta besar volume transaksi ditentukan oleh investor, sehingga pialang tidak memiliki hak untuk menetapkan jumlah atau harga sesuai dengan kehendak mereka.


Sumber:

https://kamus.tokopedia.com/b/broker/

https://gajimu.com/

https://www.rumah.com/

ttps://www.finansialku.com 

https://blog.investree.id

https://money.kompas.com