Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat RPP 1 Lembar Berserta Contohnya

Cara Membuat RPP 1 Lembar

Apa itu RPP? 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  Adalah Suatu komponen yang sangat penting bagi guru dalam melaksanakan tugasnya pada proses belajar mengajar. RPP merupakan komponen administrasi yang berguna untuk guru mengajar sesuai dengan materi yang akan pelajaran dalam setiap babnya.

Isi RPP sendiri mengacu pada rencana kegiatan pembelajaran dalam satu atau lebih pertemuan. RPP dikembangkan oleh guru untuk mencapai Kompetensi Dasar pada siswa, sehingga isinya berupa prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti.

RPP merupakan pedoman wajib bagi guru dalam mengajar  guna melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan ketetapan. Dikutip dari Wikipedia, RPP dirancang oleh guru guna membantunya dalam mengajar supaya sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

RPP pada tahun sebelumnya sangat detail dan menghabiskan banyak lembaran dan waktu untuk membuatnya, namun kini tidak lagi. RPP 1 halaman ini juga disebut RPP merdeka belajar. Hal ini sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, mengusung kebijakan baru, yaitu menyederhanakan penyusunan RPP atau RPP Merdeka Belajar, dengan telah mempertimbangkan prinsip efektif, efisien serta berorientasi pada peserta didik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. 

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 


Cara Membuat RPP 1 Lembar

Langkah dalam membuat RPP 1 Lembar yang sesuai dengan Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP adalah Sebagai Berikut:

1. Menyiapkan Bahan Pembelajaran

  • Buku Guru Tematik
  • Buku Siswa Tematik
  • KKO (Kata Kerja Operasional)

2. Membuat Kerangka RPP

RPP dibuat dengan mengacu pada Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. 

Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan (Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pcmbelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap. 

Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, (Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid. 

Adapun RPP yang rclah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3.

Berdasarkan surat edaran (SE) diatas Langkah Membuat RPP 1 lembar harus memuat tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Komponen lainnya bersifat pelengkap seperti berikut.

3. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran yang baik harus menggunakan formula ABCD, Merumuskan tujuan Pembelajaran harus berorientasi pada pembelajaran Abad 21 dan juga terintegrasi HOTS.

4. Merancang langkah Pembelajaran

Langkah Pembelajaran harus memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan Penutup

5. Penilaian

Penilaian mencakup Sikap, Pengetahuan, dan keterampilan

Contoh RPP 1 Lembar

Contoh RPP 1 Lembar dapat dilihat Sesuai dengan Format berikut ini:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan        : 

Mata Pelajaran             : 

Kelas / Semester           :

Materi Pokok                : 

Alokasi Waktu              : 

 A.  TUJUAN Pembelajaran 

 b.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

 

15 Menit

Kegiatan Inti

 

50 Menit

Penutup

 

10 Menit

C. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Penilaian Sikap (Jurnal Siswa)

2. Penilaian Pengetahuan (tes Tulis)

2. Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)

Mengetahui

Kepala Sekolah 

_________________

NIP.


................, ..................2020

Guru PJOK

___________________

NIP.