Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP 1 Lembar Kelas VII SMP PJOK Materi Lompat Jauh

Jamboguru.com - RPP 1 Lembar terbaru menyesuaikan format yang sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP. 

Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar Mata Pelajaran PJOK Kelas VII SMP Semester 1 pada Materi pokok Aktivitas Lompat Jauh.

CONTOH RPP 1 LEMBAR KELAS VII SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan        :  SMP Negeri 2

Mata Pelajaran             :  P J O K

Kelas / Semester           : VII / 1

Materi Pokok                :  Aktivitas Lompat Jauh

Alokasi Waktu              :  1 Pertemuan  (3 JP)

 

A.  TUJUAN Pembelajaran 

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.Mengidentifikasi gerak spesifik awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat lompat jauh dengan benar.

2.Menjelaskan cara melakukan gerak spesifik awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat lompat jauh Melakukan aktivitas gerak spesifik awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat pada lompat jauh dengan benar.

3.Melakukan aktivitas gerak spesifik awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat lompat jauh dengan tepat.

4.Mengkombinasikan aktivitas gerak spesifik awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat lompat jauh dengan tepat.

b.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Pertemuan Pertama

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Siswa dibariskan dan dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa serta Memberi motivasi belajar, menyampaikan tujuan pembelajarn, dan juga gambaran umum  kegiatan pembelajaran dan penilaian. Pemanasan

Kegiatan Inti (50 Menit)

Pendekatan Pembelajaran: Saintifik/ CTL, Model Pembelajaran: Discovery learning, Metode Pembelajaran : Demontrasi, Inklusif, Resiprokal, Part and whole.

Mengamati: Guru atau salah seorang siswa memperagakan gerak spesifik awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat lompat jauh dan siswa yang lainnya diminta untuk memperhatikan dan mengamatinya.

Menanya: Guru memotivasi siswa untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan atau mengajukan permasalahan.

Mencoba: Siswa Melakukan gerak spesifik awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat lompat jauh dengan menunjukkan sikap kerja sama, sportivitas, tanggung jawab, dan kedisiplinan.

Menalar: Siswa menganalisis gerakan yang telah dilakukan secara berpasangan / kelompok, gerakan mana yang salah serta mencari solusi cara melakukan dengan benar.

Mengkomunikasikan: Seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilakukan gerak spesifik awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat lompat jauh dapat dijelaskan kembali oleh siswa didepan.

Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran dan secara langsung maupun tidak langsung menemukan manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan juga Memberikan umpan balik serta Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.


C. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Penilaian Sikap (Jurnal Siswa)

2. Penilaian Pengetahuan (Penugasan = membuat makalah tentang lompat jauh)

3. Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)

Unjuk Kerja Keterampilan Gerak

Penilaian Proses

4

3

2

1

Sikap Awal Gerakan

 

 

 

 

Sikap Pelaksanaan Gerakan

 

 

 

 

Sikap Akhir gerakan

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

_________________

NIP.

................, ..................2020

Guru PJOK

 

___________________

NIP.