Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Latihan Menurut Pendapat Ahli

Latihan merupakan kata yang tidak asing didengar. namun secara teori belum tentu kita dapat menjelaskan secara tepat. maka pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara teori beberapa pengertian latihan menurut pendapat para ahli yang penulis kutip dibeberapa buku.

Pengertian Latihan

Menurut Bompa 1994 menjelaskan "training is usually defined as systematic process of long duration, repetitive, progressive exercises, having the ultimate goal of improving athletic performance". artinya latihan sering didefinisikan sebagai suatu proses sistematis yang dilakukan dalam jangka waktu panjang, continue, progresif dengan tujuan meningkatkan penampilan fisik.

Menurut Ade Rai 2007 latihan adalah stimulus yang diberikan untuk menciptakan kebutuhan bagi tubuh untuk menyesuaikan diri. Latihan suatu proses penyempurnaan kemampuan olahraga yang berisi materi teori dan praktek, menggunakan metode dan aturan pelaksanaan dengan pendekatan ilmiah sehingga tujuan latihan dapat tercapai pada waktunya.

Menurut Suharjana 2013 menjelaskan latihan yaitu suatu proses sistematis untuk mengembangkan dan mempertahankan unsur-unsur kebugaran jasmani yang dilakukan dalam waktu lama, ditingkatkan secara progresif, bebannya individual dan dilakukan secara terus menerus.

Menurut Kurniawan 2015 menyebutkan latihan berawal dari kata practice yang merupakan aktivitas untuk meningkatkan keterampilan berolahraga dengan menggunakan berbagai peralatan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan cabang olahraganya.

Menurut Hatmisari 2007 menjelaskan latihan merupakan suatu proses yang sistematis dari berlatih dengan tujuan menyempurnakan kualitas kinerja olahragawan seperti kebugaran, keterampilan, dan kapasitas energi yang dilakukan secara terus menerus dengan peningkatan setiap harinya.

10 Komponen Kondisi Fisik 

Ada 10 komponen kondisi fisik yang dapat dijadikan patokan ketika akan melakukan latihan. komponen kondisi fisik yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Kekuatan 
Kekuatan adalah ketahanan sekelompok otot dalam menahan beban.

2. Kecepatan
Kecepatan adalah kemampuan menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya.

3. Power
Power merupakan gabungan antara kekuatan dan kecepatan.

4. Daya Tahan
Daya tahan  adalah kemampuan dalam melakukan latihan secara terus menerus tanpa merasa lelah dan masih mempunyai cadangan energi untuk melakukan aktifitas lain. 
daya tahan dibagi menjadi 2 yaitu; daya tahan jantung paru dan daya tahan otot. daya tahan jantung paru menggunakan oksigen sebagai sumber energi (aerob), daya tahan otot adalah daya tahan yang tidak menggunakan oksigen sebagai energi utama atau sering disebut dengan anaerob.

5. Keseimbangan
Keseimbangan merupakan Kemampuan mempertahankan posisi tubuh ketika ditempatkan pada berbagai posisi.

6. Kelentukan
Kelentukan adalah keluwesan sendi ketika bergerak.

7. Ketepatan
Ketepatan adalah kemampuan mengarahkan suatu gerak pada target yang telah ditentukan.

8. Kelincahan
Kelincahan merupakan kemampuan seseorang mengubah posisi pada waktu sesingkat-singkatnya

9. Reaksi
Reaksi merupakan kemampuan bergerak secepat-cepatnya ketika menanggapi rangsangan.

10. Koordinasi
Koordinasi dalam olahraga adalah kemampuan seseorang merangkai berbagai unsur gerakan menjadi suatu gerakan yang efektif sesuai tujuannya.