Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Pembelajaran Menurut Pendapat Para Ahli

Pada dasarnya belajar merupakan perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi stimulus dan respon. Proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar jika menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik. 
Metode pembelajaran adalah suatu strategi untuk digunakan oleh guru dalam mencapai tujuan pembelajaraan yang efektif dan efesien. Guru diharapkan dapat menguasai berbagai metode pembelajaran agar bisa menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif sehingga bisa mendorong minat belajar peserta didik. 

Dalam pendidikan abad 21 bisa diciptakan dengan memakai cara atau metode yang berkualitas sesuai dengan maksud dari pendidikan abad 21 seperti membentuk generasi emas tahun 2045 yang bisa bersaing secara internasional. metode pembelajaran yang guru pakai harus dikaitkan dengan pengalaman hidup peserta didik, kontekstual, Siswa harus aktif, dan juga dapat memanfaatkan semua sumber belajar serta pemanfaatan ICT. 


Metode Pembelajaran Menurut Pendapat Para Ahli 

Adapun beberapa metode pembelajaran menurut pendapat parah ahli adalah sebagai berikut; 

Nana Sudjana mengemukakan definisi metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan guru ketika mengadakan hubungan dengan siswa pada waktu berlangsung proses belajar mengajar. 

Abdurrahman Ginting Menyebutkan definisi metode pembelajaran merupakan suatu pola yang khusus atau khas ketika mempergunakan berbagai prinsip dasar pendidikan dan juga semua teknik serta sumber daya lainnya yang berkaitan dengan tujuan terjadinya suatu proses pembelajaran pada diri peserta didik. 

Ahmadi juga menjelaskan maksud dari metode pembelajaran merupakan suatu ilmu pengetahuan mengenai beberapa tips atau cara belajar mengajar yang dapat dipergunakan oleh pendidik atau guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran adalah suatu strategi yang dipakai dalam proses belajar mengajar untuk memperlancar kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran. 


Macam-macam Metode Pembelajaran 

Guru harus menguasai metode pembelajaran agar dapat memilih metode yang tepat digunakan sesuai dengan karakter peserta didik, adapun Jenis Metode Pembelajaran yang Sering di Gunakan adalah sebagai berikut: 

1. Metode Diskusi
Metode diskusi sangat bagus digunakan untuk memecahkan masalah, karena siswa akan berkerja secara berkelompok mencari referensi dari berbagai sumber serta dapat melatih siswa untuk berfikir kritis. metode diskusi ini juga akan mendorong siswa untuk dapat berkomunikasi secara baik dengan cara menyampaikan pendapat.

2. Metode Ceramah 
Metode ceramah juga sering dikatakan dengan metode konvensional, karena metode ini sering digunakan oleh guru dalam memberikan materi. Kelebihan dari metode ini guru dapat menyampaikan materi pembelajaran secara menyeluruh dan juga guru dapat menguasai kelas, serta dapat melatih fokus siswa dalam menerima pembelajaran secara lebih baik namun beberapa kekurangan metode ini adalah pembelajaran cenderung pasif, jika guru kurang mampu berkomunikasi dengan baik akan membuat siswa ngantuk dan cenderung bosan di kelas. 

3. Metode Latihan
Metode Latihan akan mendorong siswa untuk dapat merancang dan mencari informasi dari berbagai referensi untuk dapat menyelesaikan masalah yang telah ditentukan. metode ini akan memberikan kesempatan penuh pada peserta didik untuk lebih kreatif dan fokus dalam menyelesaikan tugasnya.

4. Metode Resitasi
Metode Resitasi merupakan metode pembelajaran di mana guru memberikan tugas yang telah dirancang kepada siswa supaya siswa dapat mengerjakan kegiatan belajar serta proses berfikir untuk tugas yang telah diberikan. tugas yang diberikan dapat dikerjakan baik itu, di dalam kelas, di halaman sekolah, di laboratorium, di perpustakaan, atau di mana saja asal tugas itu dapat diselesaikan.

5. Metode Demonstrasi 
Metode demonstrasi disenangi oleh siswa karena pada umumnya siswa akan senang ketika mempraktekkan secara langsung. Metode ini sering dipakai pada pelajaran PJOK, karena pembelajaran lebih banyak dilapangan, siswa akan lebih memahami pelajaran dengan cara mempraktekkan secara nyata. 

6. Metode Resiprokal
Metode Resiprokal adalah metode Pembelajaran yang terjadi dari proses interaksi antara peserta didik dan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling berbagi informasi. pada metode resiprokal ini siswa mengoreksi siswa lain. guru hanya sebagai pengamat.