Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Keterampilan Sepak Bola Menurut Para Ahli

Sepakbola merupakan Permainan yang sangat populer dan sangat digemari oleh masyarakat, hal ini dapat dilihat pada setiap pertandingan pasti selalu penuh dengan suporter. Sepak bola merupakan  yang dimainkan oleh dua regu, masing-masing regu sebelas orang pemain termasuk penjaga gawang.  Namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang teknik dasar dari permainan sepak bola, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas teknik dasar sepak bola menurut para ahli.

Teknik Dasar Keterampilan Sepak Bola
Menurut Sukatamsi (1984:33) “teknik bermain sepakbola ada dua teknik yang harus dikuasai oleh seorang pemain, yaitu semua gerakan-gerakan tanpa bola dan gerakan-gerakan dengan bola yang diperlukan untuk bermain sepakbola”. 

Menurut Kosasih (1995:216) membagi teknik dasar bermain sepakbola menjadi enam bagian yaitu: “Teknik menendang bola, menghentikan bola, menggiring bola, gerak tipu, teknik menyundul bola dan teknik melempar bola”. Lebih Lanjut Kokasih (1985:216) mengatakan bahwa: “yang penting dan harus selalu dilatih dalam permainan sepakbola adalah: teknik menendang bola, teknik menghentikan (menyetop) dan mengontrol bola, teknik membawa atau menggiring bola (dribbling), teknik gerakan tipu, teknik menyundul bola (heading), teknik melempar bola kedalam”. 

Sukatasmi (2001:124) menjelaskan tentang pembagian teknik dasar sepakbola adalah sebagai berikut: “Menerima bola, menendang bola, menggiring bola, menyundul bola, melempar bola, gerak tipu, merebut bola dan teknik-teknik khusus penjaga gawang”. 

Menurut Abdullah. A, (1985:420) Teknik dasar Sepak bola adalah: “Menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stopping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merampas (tacling), lemparan ke dalam (throw-in) dan menjaga gawang (goal keeping)”. 

Sarjono (1985:21) menjelaskan bahwa : “dalam sepakbola harus menguasai teknik-teknik yang dapat bermain dengan baik dan berlatih secara terarah. Teknik-teknik dasar diperlukan sewaktu berlari berliku-liku, berputus dan berbalik, begitu juga pada saat melindungi bola jika ada kawan yang berdiri bebas”. 

Teknik dasar bermain sepakbola merupakan salah satu fondasi bagi seorang pemain untuk dapat bermain sepakbola. Teknik dasar dalam permainan yang harus dikuasai betul oleh pemain sepakbola, Teknik dasar yang harus dikuasai antara lain adalah teknik menendang, menggiring, mengontrol, menyundul, dan menghentikan bola. 

1 comment for "Teknik Dasar Keterampilan Sepak Bola Menurut Para Ahli"