Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 revisi Tahun 2017

Tes atau penilaian merupakan alat ukur pengumpulan data yang mendorong peserta memberikan penampilan maksimal. Sedangkan Instrumen non-tes merupakan alat ukur yang mendorong peserta didik untuk memberikan penampilan tipikal, yaitu melaporkan keadaan dirinya dengan memberikan respons secara jujur sesuai dengan pikiran dan perasaannya. 
Pengertian Penilaian Pengetahuan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai. 

Adapun penilaian pengetahuan dapat diartikan sebagai penilain potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi (Anderson & Krathwohl, 2001).Seorang pendidik perlu melakukan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik. Penilaian terhadap pengetahuan peserta didik dapat dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Kegiatan penilaian terhadap pengetahuan tersebut dapat juga digunakan sebagai pemetaan kesulitan belajar peserta didik dan perbaikan proses pembelajaran. 

Cakupan Penilaian Pengetahuan 
Kompetensi Inti yang harus dimiliki oleh peserta didik pada ranah pengetahuan adalah memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 

Pengertian Pengetahuan Faktual 
Menurut (Anderson, L. & Krathwohl, D. 2001) faktual merupakan elemen-elemen dasar berupa istilah atau simbol (notasi) dalam rangka memperlancar pembicaraan dalam suatu bidang disiplin ilmu atau mata pelajaran. Pengetahuan faktual meliputi aspek aspek pngertian dari istilah-istilah tentang peristiwa, tanggal, lokasi, sumber, orang, informasi, dan sebagainya. 
Contoh Pengetahuan Faktual yaitu 1) pengetahuan tentang fakta-fakta, 2) pengetahuan tentang langit, bumi, dan matahari, 3) pengetahuan tentang simbol-simbol dalam peta. dan sebagainya.

Pengertian Pengetahuan Konseptual 
Menurut (Anderson, L. & Krathwohl, D. 2001) Pengetahuan konseptual merupakan ide atau gagasan suatu disiplin ilmu yang memungkinkan orang untuk mengklasifikasikan sesuatu objek itu contoh atau bukan contoh, juga mengelompokkan (mengkategorikan) berbagai objek. Pengetahuan konseptual meliputi prinsip (kaidah), hukum, teorema, atau rumus yang saling berkaitan dan terstruktur dengan baik. 
Contoh pengetahuan konseptual yaitu 1. Pengetahuan tentang peraturan dan teknik dasar bermain sepakbola. 2. Pengetahuan tentang mekanisme kerja sesuatu hal seperti bagaimana lampu bisa hidup, bagaimana mobil bisa berjalan.

Pengertian Pengetahuan Prosedural 
Menurut (Anderson, L. & Krathwohl, D. 2001) Pengetahuan prosedural adalah pengetahuan tentang bagaimana urutan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu. Pengetahuan prosedural meliputi pengetahuan dari umum ke khusus dan algoritma, pengetahuan metode dan teknik khusus dan pengetahuan criteria untuk menentukan penggunaan prosedur yang tepat . 
Contoh pengetahuan prosedural yaitu: 1) pengetahuan tentang prosedur pemanfaatan panas matahari sebagai sumber tenaga; 2) pengetahuan tentang prosedur pendirian organisasi sosial; 3) pengetahuan tentang pola makan yang baik dan sehat; 4) pengetahuan tentang langkah-langkah pengembangan karakter.