Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Peran Ayah untuk Tumbuh Kembang Anak Perempuan

Anak merupakan titipan dan karunia dari sang Maha Kuasa. Layaknya titipan kita harus menjaga dengan sangat baik dan hati-hati. Jika seorang ibu berperan sebagai madrasah pertama anaknya maka tugas seorang bapak adalah menjadi kepala sekolah. 

Fungsi Kepala sekolah antara lain:
1. Menyusun berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan disekolah,
2. Memimpin berjalannya kegiatan disekolah, 
3. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik, 
4. mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan.

Begitupula fungsi seorang ayah bagi anaknya, tak hanya mencari rezeki ayah harus mampu menyusun kegiatan-kegiatan positif untuk anaknya, menjadi pemimpin di setiap berlangsungnya kegiatan agar anak mampu mencontoh kepemimpinan seorang ayah, menciptakan dan mencontohkan sikap-sikap positif di setiap kegiatan yang ada, misalkan ketika akan minum, ayah menggunakan tangan kanan dan duduk. Dan yang terakhir, ayah harus terus memantau perkembangan anak dan membimbing serta mendidik anak sesuai zamannya. Lain halnya untuk anak perempuan, ayah haruslah menambah poin-poin khusus dalam mendidiknya karena anak perempuan akan menerapkan standar terhadap lelaki dengan melihat perilaku ayahnya sejak kecil. 

Adapun hal-hal yang perlu diketahui dan diperhatikan ayah adalah
1. Tunjukkan cintamu kepada ibunya
Mencintai ibu dari anak-anak, adalah cara terbaik untuk memastikan kebahagiaan keluarga. Karena anak-anak mencintai ibu mereka, tentu mereka juga ingin melihat ayahnya memperlakukan sang istri dengan penuh cinta. Anak perempuanmu akan terus memperhatikan tingkah lakunya terhadap ibunya.
2. Ayah adalah lelaki pertama yang sekaligus menjadi cinta pertama untuk anak perempuannya, jadi apa dan bagaimana ayah memperlakukannya akan mempengaruhi pola pikir anak. Dengan perlakuan ayah, anak akan mengagumi sang ayah dan menyalurkan semua kasih sayangnya terhadap ayahnya.
3. Kedekatan ayah dengan anak perempuan akan mempengaruhi emosional anak, anak yang tidak dekat dengan ayahnya akan merasa kekurangan kasih sayang, perasaan yang kurang stabil, dan mudah menangis karena susah mengembangkan kepribadian. 

Bagi seorang anak, ayah adalah contoh yang ia miliki untuk memilih jodohnya saat ia dewasa nanti, jangan buat jarak atau ingin jauh dengan putrimu, buatlah kenangan sebaik mungkin.