Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Atletik

Atletik sering juga disebut dengan track and field, Merupakan olahraga tertua didunia karena semua gerakan pada atletik ini telah ada sejak jaman dahulu. Pada zaman dahulu orang menggunakan gerakan yang ada pada atletik untuk mencari makan atau berburu dan juga untuk bertahan hidup. Maka dari itu atletik juga disebut dengan mother of sport, karena semua cabang olahraga lain memakai gerakan yang ada pada atletik seperti berjalan, berlari, melompat, dan melempar. 

Pengertian Atletik
Menurut Depdiknas (2004:16), ”Atletik merupakan salah satu unsur dari pendidikan jasmani dan kesehatan juga merupakan komponen-komponen pendidikan keseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial dan emosional yang serasi, selaras dan seimbang”. 
Menurut Depdiknas (2004:18) bahwa: “Pendidkan atletik di sekolah lebih mengutamakan pada:1) Pemenuhan minat untuk bergerak., 2) Merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta perkembangan gerak. 3) Memelihara dan meningkatkan kesehatan serta kesegaran jasmani. 4) Membantu menanamkan rasa disiplin, kerjasama, kejujuran, mengenal akan peraturan dan norma-norma lainnya. 5) Membantu merehabilitasi kelainan gerak pada usia dini. 6) Menghindari rasa kebosanan. 7) Menangkal pengaruh buruk yang datangnya dari luar”. 
Menurut Saputra (2001:2) bahwa: ”Atletik merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat diperlombakan dalam kegiatan jalan, lari, lempar, dan lompat. 
Nomor dalam cabang atletik terdiri dari Jalan, lari, lompat dan lempar. Pada cabang lari terdari dari lari jarak pendek dengan nomor 100 M, 200 M dan 400 M, lari jarak menengah dengan nomor 800 M dan 1500 M dan lari jarak jauh dengan 3000 M. Pada cabang lompat terdiri dari lompat tinggi dan lompat jauh, pada cabang lempar terdiri dari lempar cakram, lempar lembing dan tolak peluru.