Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Instrumen Penilaian dan Penilaian Kelas

Instrumen penilaian dan penilaian kelas mungkin tidak asing lagi bagi para guru atau pendidik, instrumen penilaian dan penilaian kelas sering digunakan oleh guru untuk mengamati karakteristik para peserta didik. berikut sedikit ulasan tentang Instrumen penilaian dan penilaian kelas:

Pengertian Instrumen Penilaian
Instrumen merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur untuk keperluan mengumpulkan data, Menurut Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, instrumen penilaian yang digunakan oleh pendidik dalam bentuk penilaian berupa tes, pengamatan, penugasan perorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik.
Instrumen Penilaian merupakan suatu cara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik, instrumen yang digunakan dapat berupa tes dan non tes.

Pengertian Penilaian Kelas
Penilaian kelas merupakan suatu kegiatan guru yang terkait dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran tertentu. Penilaian kelas dilaksanakan melalui berbagai cara, seperti penilaian unjuk kerja (performance), Penilaian sikap, penilaian tertulis (paper and pencil test), penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya peserta didik (portofolio) 

Manfaat Penilaian Kelas
  1. Untuk guru dalam memantau kesulitan/ kemajuan belajar peserta didik sehingga dapat dilakukan pengayaan dan remedial.
  2. Untuk guru ketika memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi.
  3. Untuk guru dalam memberikan informasi kepada orang tua dan komite sekolah tentang efektivitas pendidikan.
  4. Untuk memudahkan pemberian umpan balik bagi guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan.
  5. Untuk masukan bagi guru guna merancang kegiatan pembelajaran.
Fungsi Penilaian Kelas
  1. Guru mengevaluasi hasil belajar peseta didik dalam rangka membantu peserta didik memahami dirinya, membuat keputusan tentang langkah berikutnya. 
  2. Guru Memberikan informasi sejauhmana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi.
  3. Guru Dapat menemukan kelemahan dan kekurangan proses pembelajaran yang sedang berlangsung guna perbaikan proses pembelajaran berikutnya
  4. Guru dapat Menemukan kesulitan belajar dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan peserta didik dan sebagai alat diagnosis yang membantu guru menentukan apakah seseorang perlu mengikuti remedial atau pengayaan. 
Demikian sedikit uraian singkat tentang Instrumen penilaian dan penilaian kelas. semoga bermanfaat.