Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu Hamil Rentan Stress : Kalimat yang Harus dihindari

Hamil adalah proses yang terjadi dari pembuahan sampai dengan lahiran, dimulai dari sel telur yang dibuahi oleh sperma, lalu tertanam di dalam lapisan rahim, dan kemudian menjadi janin. Setiap perempuan menjalani kehamilannya dengan berbeda-beda ada yang dari awal lemah lunglai adapula yang strongnya bak wonder woman. 

Wanita yang hamil akan sangat berbeda dengan keadaannya sebelum hamil, disini suami di butuhkan untuk memberikan dukungan ekstra. Baik itu perhatian, sikap dan tutur kata. Hindari sikap yang akan membuat istri kesal dan kata-kata yang menyepelekan istri dan jauhkanlah istri anda dari siapapun yang bersikap dan bertutur kata nyinyir, karena pada saat istri anda hamil, dia akan lebih mudah merasakan setres dan akan sangat mempengaruhi janin. 

Berikut beberapa kalimat yang sering membuat ibu hamil stres
1. Kok gendut banget sih semenjak hamil
2. Wajahnya kusam banget ya
3. Hayoloh, melahirkan itu sakit banget
4. Jangan sampai operasi loh ya
5. Uda berapa bulan kok perutnya kecil ya. Coba cek mungkin bayinya tidak ckup berat.
6. Kok lemah banget sih, padahal kan cuma hamil, aku juga pernah.
7. Manja banget
8. Lebay banget, sedikit-sedikit nangis.
9. Aduh kok harus sampai dirawat sih, itu kan bahaya. 
10. Bentar-bentar mual, buat jijik orang aja.
Dan masih banyak kata-kata yang serupa yang kita anggap biasa. Tapi berefek untuk bumil. Kasihanilah dia guys. Jika ketika kamu hamil dan kamu kuat banget, itu bukanlah alasan untuk menjatuhkan ibu hamil yang kurang sehat, daripada banyak berkomentar lebih baik Carikan solusi dan pahami dia. 
Dan untuk para bapak-bapak, sayangilah dan mengertilah dan bantulah istrimu pak, beri ia dukungan penuh. Meskipun kau tak pernah merasakan, tetapi setidaknya mengertilah. Itu yang dia kandung adalah anakmu. Membahagiakan istrimu juga membahagiakan anakmu.