Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Lompat Tinggi

Lompat Tinggi merupakan bagian dari cabang atletik pada nomor lompat. Nomor lompat pada atletik terdiri dari Lompat tinggi, lompat jauh, dan lompat galah. Tujuan dari lompat tinggi yaitu atlet melompat setinggi-tingginya. Lompat tinggi juga dimasukkan kedalam kurikulum sekolah pada pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan atau sering disebut dengan PJOK. Berikut mari kita simak pengertian atletik menurut pendapat para ahli: 
Menurut Munasifah (2008:25) Lompat tinggi adalah suatu bentuk gerakan melompat ke atas dengan cara mengangkat kaki ke depan ke atas sebagai upaya membawa titik berat badan setinggi mungkin dan secepat mungkin jatuh (mendarat) dengan cara melakukan tolakan pada salah satu kaki mencapai ketinggi tertentu". 

Menurut Saputra (2001:2) bahwa: ”Atletik merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat diperlombakan dalam kegiatan jalan, lari, lempar, dan lompat. 

Menurut Suherman (2000:15), “Tujuan dari lompat tinggi yaitu memindahkan jarak vertikal titik berat badan setinggi mungkin”. 

Menurut Tri Minarsih, Acep Hadi, dan Hanjaeli (2010:78) Ada empat jenis gaya yang ada dalam lompat tinggi, yaitu gaya gunting, gaya guling perut , gaya guling samping (western roll), dan gaya telentang (flop)" 

Menurut Giri Wiarto (2013:36) Lompat tinggi adalah suatu bentuk melompat ke atas dengan cara mengangkat kaki depan ke atas sebagai upaya membawa titik berat dengan setinggi mungkin dan secepat mungkin jatuh (mendarat) dengan jalan melakukan tolakan pada salah satu kaki untuk mencapai suatu ketinggian tertentu". 

Pengertian lompat tinggi oleh Muhajir (2006:131) mengatakan bahwa: "Lompat tinggi adalah suatu bentuk gerakan melompat ke atas dengan mengangkat kaki kedepan atas dalam upaya membawa titik berat badan setinggi dan secepat mungkin jatuh (mendarat). Lompat tinggi dilakukan tolakan pada salah satu kaki untuk mencapai ketinggian tertentu". 

Sedangkan Menurut Basoeki (1996:21) bahwa: “Lompat tinggi adalah lompatan yang dilakukan dengan awalan lari, bertumpu dengan satu kaki untuk berusaha melewati bilah lompat yang dipasang di atas penopang tiang lompat tinggi”. 

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa lompat tinggi merupakan suatu gerakan yang diawali dengan lari secepat mungkin, tolakan dengan salah satu kaki setinggi-tingginya untuk melewati mistar yang telah dipasang di atas penopang tiang lompat dengan gaya tertentu.