Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Mempunyai tubuh yang indah merupakan impian semua orang baik laki-laki maupun perempuan, dengan tubuh yang ini akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam berpenampilan. Namun bagi anda yang mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas, anda dapat menurunkan berat dengan beberapa cara berikut:

Menjaga Pola Makan
Jika anda ingin menurunkan berat badan maka hal yang pertama harus anda lakukan adalah menjaga pola makan, mustahil anda bisa menurunkan berat badan jika pola makan anda tidak teratur. menjaga pola makan bukan berarti tidak makan, karena hal tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan. cara menjaga pola makan dapat anda mulai dengan mengurangi jumlah makanan yang anda makan, kalau biasanya anda makan nasi satu piring penuh, sekarang bisa anda mulai makan seperempatnya.

Mengurangi Kalori
Anda juga harus mengurangi kalori yang masuk, selain jam sarapan, makan siang, dan makan malam anda harus puasa, puasa disini artinya anda tidak boleh makan atau ngemil selain jam makan yang disebutkan tadi, anda hanya bisa mengkonsumsi air putih dan teh tanpa gula.

Olahraga
Olahraga juga sangat penting jika anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga karena olahraga tidak haruslah setiap hari, minimal  3 kali seminggu sudah cukup, jika anda tidak sempat GYM di tempat fitnes, anda juga dapat melakukannya dirumah. 

Berikut beberapa olahraga yang dapat anda lakukan dirumah untuk menurunkan berat badan:
1) Burpee
Cara melakukan Burpee seperti terlihat pada gambar diatas yaitu sikap awal berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu, selanjutnya turun seperti hendak jongkok dengan tangan bertumpu dilantai atau matras, kemudian kaki didorong ke belakang sehingga menyerupai sikap push up, dan gerakan selanjutnya kembali kesikap semula dan lompat ke atas.

2) Sit Up
Cara melakukan sit up yaitu dengan Tidur telentang dengan kaki ditekuk, kaki rapat, posisi tangan berada di dada, hitungan pertama bangun sampai dada menyentuh lutut dan kembali lagi ke posisi tidur menyentuh lantai usahakan kaki tidak terangkat dan masih ditekuk. lakukan gerakan ini 3 set dengan repetisi 10-30 kali.

3) Push Up
Cara Melakukan Push up yaitu dengan sikap tengkurap dilantai atau matras dengan tangan sedikit lebih lebar dari bahu. tangan bertumpu pada lantai dengan badan diangkat sehingga posisi netral. gerakan push up yaitu naik turun hingga hampir menyentuh lantai atau matras. lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
 Gambar Push Up untuk Laki-laki
Gambar Push Up untuk Perempuan

4) Wall Sit
Gerakan wall sit merupakan gerakan statis yaitu dengan berdiri tegak membelakangi dinding, kemudian turun hingga menyerupai orang duduk dikursi, paha haruslah lurus rata-rata air. kemudian tahan selama 1-5 menit. Lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini:

Demikian Beberapa tips untuk menurunkan berat badan, semoga bermanfaat.