Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka Terbaru

Rencana pembelajaran dirancang untuk memandu guru melaksanakan pembelajaran sehari-hari untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Rencana pembelajaran yang dibuat pendidik dapat berbeda-beda, terlebih lagi karena rencana pembelajaran ini dirancang dengan memperhatikan berbagai faktor lainnya, termasuk faktor peserta didik yang berbeda, lingkungan sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, dan lainlain.

Rencana pembelajaran ini dapat berupa: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang dikenal sebagai RPP atau (2) dalam bentuk modul ajar. Apabila pendidik menggunakan modul ajar, maka ia tidak perlu membuat RPP karena komponen-komponen dalam modul ajar meliputi komponen-komponen dalam RPP atau lebih lengkap daripada RPP.

Apa itu Modul Ajar dalam kurikulum Merdeka?

Modul ajar adalah Rencana pembelajaran yang digunakan pendidik untuk membantu pendidik mengajar secara lebih fleksibel dan kontekstual, tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran. Hal ini dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). .

Perbandingan Antara Komponen Minimum RPP dan Modul Ajar

Komponen minimum dalam RPP

Komponen minimum dalam Modul Ajar

  • Tujuan pembelajaran (salah satu dari tujuan dalam alur tujuan pembelajaran).
  • Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran. Biasanya untuk satu atau lebih pertemuan.
  • Asesmen pembelajaran: Rencana asesmen untuk di awal pembelajaran dan rencana asesmen di akhir pembelajaran untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

  • Tujuan pembelajaran (salah satu dari tujuan dalam alur tujuan pembelajaran).
  • Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran. Biasanya untuk satu tujuan pembelajaran yang dicapai dalam satu atau lebih pertemuan.
  • Rencana asesmen untuk di awal pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
  • Rencana asesmen di akhir pembelajaran untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
  • Media pembelajaran yang digunakan, termasuk, misalnya bahan bacaan yang digunakan, lembar kegiatan, video, atau tautan situs web yang perlu dipelajari peserta didik.


Komponen Modul Ajar Versi Lengkap

Satu modul ajar biasanya berisi rancangan pembelajaran untuk satu tujuan pembelajaran berdasarkan alur tujuan pembelajaran yang telah disusun. masing-masing guru dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan karakteristik siswanya.

Modul ajar tidak harus seperti komponen yang telah tertera diatas. Pendidik memiliki keleluasaan untuk memilih dan memodifikasi contoh-contoh modul ajar yang tersedia atau mengembangkan modul ajar sendiri, sesuai dengan konteks, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik. 

Langkah-langkah merancang Modul Ajar

Modul ajar sekurang-kurangnya yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. 

Langkah-langkah merancang modul ajar adalah sebagai berikut:

Sekolah : SMP Jamboguru

Kompetensi Awal : Peserta didik Mampu melakukan dapat melakukan start jongkok

Profil Pelajar Pancasila: Mandiri dan Gotong royong

Sarana dan Prasarana : Lapangan/ lintasan lari, peluit, stopwatch, Kun kerucut.

Target Peserta didik : Seluruh siswa kelas VII

Model Pembelajaran yang digunakan : Model Pembelajaran Kooperatif (cooperatif learning)

Tujuan Pembelajaran: 

  1. Mengidentifikasi gerak spesifik start, gerakan lari jarak pendek/sprint, dan memasuki garis finis
  2. lari jarak pendek/sprint.Menjelaskan gerak spesifik start, gerakan lari jarak pendek/sprint, dan memasuki garis finis lari jarak pendek/sprint.
  3. Menjelaskan cara melakukan gerak spesifik start, gerakan lari jarak pendek/sprint,, dan memasuki garis finis lari jarak pendek/sprint.
  4. Mempraktikkan aktivitas gerak spesifik spesifik start, gerakan lari jarak pendek/sprint, dan memasuki garis finish lari jarak pendek/sprint.
Pendahuluan
Kegiatan Belajar 1: Gerak spesifik Start (2 JP)
  1. Peserta didik mempersiapkan sarana prasarana yang digunakan untuk melaksanakan start pada gerak lari jarak pendek sesuai arahan guru.
  2. Peserta didik bersama-sama menuju lapangan/halaman sekolah yang luas dan datar dengan tertib dan teratur
  3. Peserta didik memimpin doa untuk memulai pembelajaran sesuai dengan arahan guru (bisa dipilih secara acak tidak harus ketua kelas).
  4. Peserta didik melakukan absensi kepada peserta didik lainnya sesuai dengan arahan guru bersama- sama saling menanyakan kondisi kesehatan.
  5. Peserta didik memimpin gerakan pemanasan sebelum melakukan olahraga sesuai dengan arahan dan pengawasan guru.
  6. Peserta didik diminta untuk menunjukkan salah satu contoh inspirasi salah satu pelari muda yang mendapatkan medali di kejuraan dunia pada olahraga lari sebagai bentuk motivasi dan pemahaman bermakna peserta didik. Contoh tokoh : Usain Bolt, Lalu Moh. Zohri, dll.
  7. Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik kemudian peserta didik mencoba untuk merumuskan berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan start lari jarak pendek
Beberapa contoh pertanyaan pemantik yang nantinya dapat juga digunakan sebagai assesmen diagnostik terhadap peserta didik pra materi.
1.Bagaimana cara melakukan lari jarak pendek/sprint yang benar?
2.Bagaimana cara melakukan start ketika berlari jarak pendek/sprint?
3.Bagaimana cara melakukan start berlari jarak pendek/sprint dengan benar?
4.Apakah terdapat teknik-teknik yang benar ketika melakukan start saat berlari ?

Kegiatan Inti
  1. Peserta didik dan membentuk kelompok yang terdiri dari empat orang sesuai dengan arahan dan pengawasan guru.
  2. Peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan mengenai macam-macam gerak start dengan arahan dan pengawasan guru.
  3. Setelah peserta didik mendemonstratikan gerakan, guru memberikan masukan yang membangun mengenai gerakan start dan disesuaikan dengan langkah-langkah ketika mendengar aba-aba siap, bersedia dan mulai.
Start jongkok

Gambar : start jongkok
Sumber : Buku Ajar Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII semester 2, Penerbit : PT. Merdeka Belajar Plus.Tahun 2021

4. Peserta didik untuk mengamati gerakan yang telah dilakukan dengan cermat sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk.
5. Peserta didik melakukan gerak spesifik tiga macam start jongkok secara bersama-sama sesuai dengan kelompok secara berpasangan dan bergantian.
6. Peserta didik secara bergantian menjadi wasit dan pelari.
•Wasit ; satu peserta didik sebagai penunjuk aba-aba , satu peserta didik mengamati gerakan pelari.
•Pelari. ; dua orang peserta didik memperagakan macam-macam start berlari.
7. Guru melakukan asessmen pada proses gerakan start yang dilakukan oleh peserta didik.

Penutup
  1. Peserta didik bersama-sama melakukan gerakan pendinginan sesuai dengan arahan dan pengawasan guru.
  2. Peserta didik dan guru bersama-sama melaksanakanrefleksi kegiatan yang telah dilakukan dengan mengaitkan materi dengan sikap hidup sehari hari. Salah satunya adalah dengan menjelaskan bahwa dari kegiatan yang dilakukan peserta didik akan dapat melatih diri menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan konsisten.
  3. Peserta didik diberikan penugasan oleh guru berupa pembuatan video mengenai berbagai cara melakukan start lari.
  4. Guru merangsang rasa penasaran peserta didik berkaitan dengan materi yang akan diajarkan di pertemuan berikutnya dengan membaca dan meningkatkan aktivitas pembelajaran.
  5. Peserta didik bersama-sama merapikan sarana dan prasarana yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan arahan guru.
  6. Peserta didik memimpin doa sebagai penutup pembelajaran yang telah dilakukan sesuai dengan arahan dan pengawasan guru.
Asesmen
PENILAIAN FORMATIF
Penilaian Kegiatan Pembelajaran 1
• Lembar Penilaian Unjuk Kerja Gerakan Start

 

Nama

Start pendek

Start menengah

Start panjang

Total skor

5

4

3

2

1

5

4

3

2

1

5

4

3

2

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kriteria penilaian
•Start pendek
Skor 5 jika peserta didik selalu melakukan gerakan start pendek dengan baik dan benar Skor 4 Jika peserta didik sering melakukan gerakan start pendek dengan baik dan benar Skor 3 Jika peserta didik kadang melakukan gerakan start pendek dengan baik dan benar Skor 2 Jika peserta didik jarang melakukan gerakan start pendek dengan baik dan benar
Skor 1 Jika peserta didik tidak pernah melakukan gerakan start pendek dengan baik dan benar
•Start menengah
Skor 5 jika peserta didik selalu melakukan gerakan start menengah dengan baik dan benar Skor 4 jika peserta didik sering melakukan gerakan start menengah dengan baik dan benar Skor 3 Jika peserta didik kadang melakukan gerakan start menengah dengan baik dan benar Skor 2 Jika peserta didik jarang melakukan gerakan start menengah dengan baik dan benar Skor 1 Jika peserta didik tidak pernah melakukan gerakan start menengah dengan baik dan benar
•Start panjang
Skor 5 jika peserta didik selalu melakukan gerakan start panjang dengan baik dan benar Skor 4 jika peserta didik sering melakukan gerakan start panjang dengan baik dan benar Skor 3 Jika peserta didik kadang melakukan gerakan start panjang dengan baik dan benar Skor 2 Jika peserta didik jarang melakukan gerakan start panjang dengan baik dan benar
Skor 1 Jika peserta didik tidak pernah melakukan gerakan start panjang dengan baik dan benar
· LEMBAR PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK

No.

Pernyataan

Selalu

Sering

Kadang- Kadang

Tidak Pernah

1.

Saya mendengarkan instruksi guru ketika beliau menjelaskan materi start jarak pendek

 

 

 

 

2.

Saya bekerjasama dengan teman dalam melakukan praktik start lari jarak pendek.

 

 

 

 

3.

Saya tidak mengganggu teman yang sedang melakukan praktik start lari jarak pendek.

 

 

 

 

4.

Saya berani memberikan masukan kepada teman yang kesulitan ketika

melakukan gerakan start lari jarak pendek.

 

 

 

 

5.

Berani berpendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi.

 

 

 

 


Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < Nilai Akhir ≤ 4,00 
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < Nilai Akhir ≤ 3,33 
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < Nilai Akhir ≤ 2,33 
Kurang : apabila memperoleh skor : Nilai Akhir ≤ 1,33