Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menautkan Akun Pembelajaran di SIMPKB

Akun Pembelajaran merupakan akun google yang diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Belajar.id merupakan sebuah platform pembelajaran digital dari Kemendikbud Ristek. platform ini Rilis pertama kali sejak 2020, Belajar.id dirancang dengan tujuan memudahkan pendidik dan peserta didik dalam mengakses layanan pembelajaran dari rumah di masa pandemi.

Akun Pembelajaran harus di tautkan ke akun SIMPKB sebelum tanggal 12 Maret 2022, Hal ini sesuai dengan Surat Edaran yang berisi tentang imbauan yang menyatakan bahwa mewajibkan seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah terdaftar pada platform SIMPKB.

Cara Mudah Menautkan Akun pembelajaran pada akun SIMPKB Seperti yang telah dirangkum oleh jamboguru.com adalah seperti penjelasan di bawah ini.


Apa itu Akun Belajar?

Akun Pembelajaran adalah salah satu akun elektronik dengan domain belajar.id yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta bisa dipergunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.


Akun belajar digunakan untuk apa saja?

Akun belajar sangat berguna untuk mengakses layanan yang di berikan oleh google, diantaranya adalah:

  1. Panggilan Video
  2. Aplikasi Merdeka Mengajar
  3. Penyimpanan Daring
  4. Kelas Daring
  5. Chromebook
  6. Presentasi daring
  7. Formulir daring
  8. Dokumen daring
  9. SIMPKB
  10. Pengolah Angka
  11. TanyaBOS
  12. Rumah Belajar


Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran

Untuk mendapatkan akun pembelajaran ada beberapa langkah yang harus dilakukan, seperti yang dikutip dari laman belajar.id adalah seperti berikut:

  1. Mengakses laman https://belajar.id/ untuk memeriksa ketersediaan akun dengan cara memasukkan data diri seperti: nama lengkap, jenis pengguna, tanggal lahir dan NPSN.
  2. Untuk Mendapatkan detail akun pembelajaran, klik 'kirim detail akun pembelajarn ke email pribadi".
  3. Selanjutnya periksalah kotak masuk email anda. anda akan menerima email yang berisi identitas pengguna (user ID) dan Kata Sandi akun pembelajaran.


Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran

Bagaimana Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran? Banyak peserta didik dan guru yang mempertanyakan hal tersebut. Sebenarnya cara mengaktifkan akun pemberalajaran tergolong sangat mudah. yaitu dengan cara seperti yang dikutip di laman belajar.id sebagai berikut:

Untuk mengaktifkan Akun Pembelajaran 

  1. Silahkan buka Laman https://mail.google.com/. 
  2. lalu masuk dengan identitas pengguna (user ID) dan kata sandi yang dikirim ke email anda.
  3. Jika telah berhasil masuk dengan akun pembelajaran, silahkan baca dan cermati syarat dan ketentuannya lalu tekan terima
  4. Selanjutnya anda akan diarahkan untuk mengganti kata sandi. Masukkan Kata Sandi baru yang mudah anda ingat dengan minimal 8 karakter huruf dan angka.
  5. Jika sudah melakukan pergantian kata sandi, anda akan masuk ke dalam email akun pembelajaran. dan AKUN PEMBELAJARAN anda Telah Aktif dan siap digunakan.


Cara Menautkan Akun Pembelajaran di SIMPKB 

Akun Pembelajaran wajib di tautkan ke akun SIMPKB sebelum tanggal 12 Maret 2022, Hal ini sesuai dengan Surat Edaran yang berisi tentang imbauan yang menyatakan bahwa mewajibkan seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah terdaftar pada platform SIMPKB.

Akun belajar.id Adalah akun elektronik yang menampilkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akun SIMPKB Sudah mengakomodir integrasi dengan layanan Akun Pembelajaran (https://belajar.id/), sehingga memudahkan guru untuk dapat login di SIMPKB menggunakan akun sendiri.

Bagaimana cara menautkan akun pembelajaran di SIMPKB? 

Cara menautkan akun pembelajaran di SIMPKB adalah sebagai berikut:

1. Silahkan Akses laman https://akun.simpkb.id/.

Bagaimana cara menautkan akun pembelajaran di SIMPKB?

2. Kemudian pilih Integrasi Layanan atau Selengkapnya pada bagian integrasi layanan.

3. Pada laman Kelola data Integrasi layanan SIMPKB, klik tombol TAUTKAN.

Cara menautkan akun pembelajaran di SIMPKB

4. Sistem akan otomatis mengarahkan di laman login akun pembelajaran. Lalu, masukan email akun pembelajaran pada form yang diberikan.

5. Masukan kata sandi akun pembelajar saat berada di tahap selanjutnya.

6. Akun pembelajar (akun belajar.id) berhasil ditautkan di SIMPKB.

Cara Menautkan Akun Belajar ke akun SIMPKB

7. Untuk menghapus, Klik tombol 'Hapus' jika ingin melepas tautan tersebut.


Demikian informasi cara mendaftar, mengaktifkan dan menautkan akun pembelajaran dengan Akun SIMPKB.. Semoga Bermanfaat.