Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Dasar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

konsep dasar pendidikan jasmani

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang merupakan bagian dari pendidikan secara keseluruhan yang dalam proses pembelajarannya mengutamakan aktivitas jasmani dan kebiasaan hidup sehat menuju pada pertumbuhan dengan pengembangan jasmani, mental social, dan emosional yang selaras, serasi dan seimbang. (Depdiknas, 1999:1).

Berdasarkan konsep dasar tersebut, maka gagasan Pendidikan Jasmani adalah bagian yang tidak terpisahkan dari usaha-usaha pendidikan secara keseluruhan, program yang memperhatikan perkembangan individu / anak didik, berpusat pada anak didik bukan pada bahan pelajaran, sasaran belajar diarahkan perkembangan anak didik secara keseluruhan, seperti perkembangan organik, neuromuscular, intelektual dan emosional.

Sehubungan dengan hal tersebut, peranan Pendidikan Jasmani di dalam intensifikasi penyelenggaraan pendidikan berfungsi sebagai proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup. Peranan Pendidikan Jasmani untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan serta meningkatkan kemampuan gerak. 

Tidak ada Pendidikan Jasmani yang tidak mempunyai sasaran pedagogis. Tidak ada pendidikan yang lengkap tanpa Pendidikan Jasmani.Gerak sebagai aktivitas jasmani merupakan dasar bagi manusia untuk belajar mengenal alam sekitar dan diri sendiri (Ateng, 1992:23).

Jika Pendidikan Jasmani yang diselenggaran di sekolah-sekolah dilaksanakan sebagaimana mestinya, dapat menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan siswa.Hal ini sangat bermanfaat dalam menunjang tujuan pendidikan secara keseluruhan. 

Pendidikan Jasmani dapat membentuk siswa yang akan mendasari tindakannya yang nyata. Selain itu, aktivitasnya melibatkan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosional. Dalam hal ini siswa akan memperoleh berbagai pengalaman yang berkaitan erat dengan kesan pribadi.

Manfaat Pendidikan Jasmani yang diterapkan pada siswa diakui oleh masyarakat.Dewasa ini Pendidikan Jasmani merupakan bagian penting bagi perkembangan manusia dalam persiapan secara menyeluruh.Oleh karena itu, fungsi Pendidikan Jasmani yang diselenggarakan di sekolah-sekolah mempunyai jangkauan yang sangat luas.

Pendidikan Jasmani bukan hanya sarana penunjang tujuan pendidikan, melainkan juga mewujudkan pembangunan bangsa. Hal ini merupakan aplikasi dan penjabaran dari Undang-undang Dasar 1945 dan Undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 2 tahun 1989 yang secara operasional dirumuskan dalam Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).