Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

What Is Sentence Level?

Sentence level adalah  komponen yang terkait dengan tata bahasa, isi dan tanda baca dalam suatu paragraf.  Tata bahasa sangat penting dalam penulisan kalimat. Mengapa demikian? mari simak penjelasan berikut:


Komponen sebuah kalimat.

Sebuah teks dapat tersusun dari beberapa kalimat. Sedangkan kalimat berisi sebuah klausa atau beberapa klausa yang digabung. Kalimat dapat didefinisikan sebagai satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata-kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap.  

Adapun menurut bentuknya (mode), kalimat dapat dibuat dalam bentuk lisan maupun tulisan.  Sebagai pembelajar Bahasa Inggris, siswa perlu untuk mengetahui bagaimana menggabungkan kata-kata dan klausa untuk membuat kalimat dan bagaimana menyusun berbagai macam tipe klausa dalam kalimat. Oleh sebab itu, siswa perlu memahami apa itu klausa, frasa, kata dalam kalimat. 

Klausa (clause) adalah satuan makna yang menyampaikan pesan. Pada dasarnya, bisa dikatakan sebagai klausa apabila kumpulan kata tersebut berisi subyek dan sebuah/sekumpulan kata kerja. 

Frasa (phrase) terdiri dari potongan-potongan atau kelompok kata yang memiliki fungsi tertentu, namun tidak terdapat subyek yang diikuti oleh kata kerja. Sentence level adalah  komponen yang terkait dengan tata bahasa, isi dan tanda baca dalam suatu paragraf.  Tata bahasa sangat penting dalam penulisan kalimat.Mengapa demikian?

Penjelasan berikut ini memberikan pengetahuan bahwa dengan memperhatikan tata bahasa, isi dan tanda baca sangat bermanfaat bagi penulis itu sendiri (Donovan, 2014): 

1. Keterbacaan 

Tulisan yang baik dan benar akan menyenangkan dan memudahkan para pembaca untuk memahami bacaan 

2. Komunikasi 

Dengan  memperhatikan tanda baca, dan semua komponen lain dari bahasa dan tulisan yang berkaitan dengan tata bahasa yang baik, maka tulisan tersebut menjadi alat komunikasi tertulis yang baik pula. 

3. Berinvestasi pada Diri Sendiri 

Belajar tata bahasa adalah cara untuk berinvestasi dalam diri Anda. Diperlukan kemauan untuk  mengasah kemampuan menulis Anda. Pada awalnya, mungkin menjadi hambatan, tapi akhirnya, semua aturan-aturan tata bahasa akan menjadi kebiasaan dan Anda akan menjadi seorang penulis tingkat pertama. 

4.  Kehormatan, Kredibilitas, dan Otoritas 

Sebagai seorang penulis tingkat pertama yang telah menguasai tata bahasa yang baik, Anda akan mendapatkan rasa hormat, kredibilitas, dan otoritas. 

5. Kesadaran Diri 

Beberapa orang tidak memilikinya. Dengan demikian dengan adanya tata bahasa yang baik, isi yang jelas dan tanda baca yang tepat akan memberikan kesadaran kepada diri sendiri.  


Post a Comment for "What Is Sentence Level?"