Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Pendapat Para Ahli : Manfaat dan Komponen Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan aktifitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti. semakin sering seseorang melakukan aktifitas fisik maka semakin bugar dan sehat orang tersebut. 
Ciri-ciri orang bugar yaitu tidak gampang lelah, tidak mudah sakit, kekebalan imun tubuh meningkat tidak obesitas. namun supaya lebih jelas mari kita simak beberapa pengertian kebugaran jasmani menurut pendapat para ahli.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Pendapat Para Ahli

1. Rusli Lutan Menyebutkan Kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik dalam sehari-hari yang membutuhkan 3 unsur inti. Ketiga unsur inti tersebut adalah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan. 

2. Sudarno (1992) Mengemukakan bahwa kebugaran jasmani adalah suatu keadaan saat tubuh mampu menunaikan tugas hariannya dengan baik dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan tubuh masih memiliki cadangan tenaga baik untuk mengatasi cadangan mendadak maupun yang darurat.

3. Menurut Prof. Sutarman Kebugaran Jasmani merupakan suatu aspek, yaitu aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak.

4. Djoko Pekik Irianto Mendefinisikan Kebugaran jasmani adalah kemampuan dari manusia dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dan masih tetap memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan.

5. Prof. Soedjatmo Soemowardoyo menyatakan bahwa kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisologi terhadap lingkungan (ketinggian, kelembapan suhu, dan sebagainya) dan atau kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.

6. Sementara Menurut Sajoto 1995, kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang menyelesaikan tugas sehari-hari dengan tanpa mengalami kesulitan berarti, dengan mengeluarkan energi yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang serta untuk memenuhi keperluan darurat bila sewaktu-waktu diperlukan.

7. Sedangkan Muhajir berpendapat bahwa Kebugaran jasmani adalah kemampuan fisik dari seseorang dalam melakukan adaptasi terhadap beberapa kegiatan sehari-hari tanpa merasakan rasa capek dan lelah. 

Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani sangat banyak manfaat dikehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan manfaat yang diperoleh dari kebugaran jasmani yang diantaranya yaitu:
  1. Memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan.
  2. Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung.
  3. Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih energik.
  4. Memiliki respon tubuh yang tepat.
  5. Mengurangi risiko obesitas.
  6. Mencegah penyakit jantung.
  7. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Mengatasi depresi.
  9. Terhindar dari osteoporosis 


Komponen Kebugaran Jasmani

Menurut Departemen Pendidikan Nasional 2000 Kebugaran jasmani terdiri dari beberapa komponen, yaitu; 
(1) daya tahan, 
(2) daya tahan otot, 
(3) kekuatan otot, 
(4) kelenturan, 
(5) komposisi tubuh, 
(6) kecepatan gerak, 
(7) kelincahan,
(8) keseimbangan, 
(9) kecepatan reaksi, dan 
(10) koordinasi.

Berikut Beberapa Penjelasan dari Komponen Kebugaran Jasmani.

1. Pengertian Daya Tahan Cardiovascular
Daya tahan berkaitan langsung dengan stamina atau kemampuan melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang lama. Daya tahan membutuhkan latihan yang kompleks karena berkaitan dengan meningkatkan kinerja paru – paru, jantung dan juga sistem peredaran darah serta kekuatan otot. Latihan untuk meningkatkan daya tahan dapat berupa jogging, berenang, bersepeda dan lain sebagainya.

2. Pengertian Daya Tahan Otot
Daya tahan otot sama dengan anaerobik yaitu sumber energi berasal dari otot. contoh latihannya seperti mengangkat barbel, bermain tennis dan lain-lain.

3. Pengertian Kekuatan
Kekuatan (strength) merupakan salah satu unsur  dari kebugaran jasmani. Kekuatan adalah kemampuan dalam menahan beban. kekuatan juga merupakan kualitas kebugaran jasmani yang dinilai melalui kemampuan fisik seseorang dalam hal penggunaan otot untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Massa otot yang cukup dengan kekuatan yang baik bisa menjadi bagian penting untuk memiliki salah satu unsur utama kebugaran jasmani ini.
Kekuatan otot dapat dilatih dengan beberapa latihan fisik seperti sit-up, push-up dan juga squat-jump. 

4. Pengertian Kecepatan
Kecepatan merupakan kemampuan menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya. juga sebagai unsur kebugaran jasmani dapat dimaknai sebagai kemampuan melakukan suatu tugas dengan baik dan benar sehingga lebih cepat selesai. Salah satu latihan kecepatan yang sangat mudah untuk dilakukan adalah latihan lari di pasir, bisa juga berlari di tanjakan.

5. Pengertian Kelincahan
Kelincahan adalah kemampuan seseorang dalam mengubah arah dengan cepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan. kelincahan juga merupakan unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaan saat melakukan aktivitas sehari – hari. Ada beberapa latihan umum yang bisa dilakukan untuk melatih unsur kelincahan seseorang seperti Berlari naik turun tangga serta berlari dengan arah zig – zag merupakan dua latihan kelincahan yang paling umum dan mudah untuk dilakukan.

6. Pengertian Keseimbangan
Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan kesetimbangan tubuh ketika di tempatkan di berbagai posisi.

7. Pengertian Kelenturan
Kelenturan adalah kemampuan seseorang untuk mengeerakkan tubuh atau bagian-bagian dalam satu ruang gerak yang seluas-luas mungkin, tanpa mengalami cedera pada persendian dan otot sekitarnya persendian

8. Pengertian Koordinasi
Koordinasi adalah kemampuan seseorang mengintegrasikan berbagai gerakan yang berbeda ke dalam pola gerakan tunggal secara efektif.

9. Pengertian Kecepatan Reaksi
Kecepatan Reaksi adalah gerakan yang dilakukan tubuh untuk menjawab secepat mungkin sesaat setelah mendapat suatu respons atau peristiwa dalam satuan waktu

10. Pengertian Komposisi Tubuh
Komposisi Tubuh merupakan bagian dari kebugaran jasmani yang juga penting. komposisi tubuh adalah proporsi relatif jaringan lemak dan jaringan bebas lemak dalam tubuh.