Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kekuatan Otot Menurut Pendapat Ahli


Menurut Pate dkk, 1993:229 Kekuatan otot merupakan salah satu faktor penting dalam semua cabang olahraga, sehingga menuntut pengerahan tenaga yang tinggi pada olahraga atletik seperti lempar cakram dan lempar cakram, pada olahraga berlawanan seperti sepakbola, dan pada olahraga diri sendiri seperti lari cepat dan lompat.

Kekuatan dihubungkan dengan jenis ketahanan dari efesiensi otot dalam mengangkat beban dan lamanya fungsi kekuatan otot berlangsung. Walaupun kekuatan otot sebagai faktor yang tidak dapat dipisahkan dengan faktor-faktor kinerja motorik yang lain, tetapi ia merupakan satu kesatuan yang unik dan sebagai unsur yang penting dalam semua bidang. Kekuatan otot tidak hanya menunjukkan kapasitas kesegaran dan kemampuan otot, tetapi lebih dari itu sebagai kemampuan untuk menerapkan dan mengerahkan suatu kekuatan yang dimiliki sekelompok otot. Berkaitan dengan masalah tersebut, Sajoto (1988:16) menjelaskan bahwa: "Kekuatan otot adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuannya dalam mempergunakan otot untuk menerima sewaktu bekerja".

Kekuatan otot juga dapat didifinisikan sebagai tenaga maksimal yang dipakai suatu kelompok untuk mengubah keadaan gerak suatu benda. Dalam hal ini kekuatan otot dikaitkan dengan kemampuan seseorang dalam menahan, menarik dan mendorong suatu beban. Bower dan Fox (1992:152) menjelaskan bahwa: ”Kekuatan adalah tenaga maksimal yang dipakai suatu otot atau kelompok otot untuk mengubah keadaan gerak atau bentuk dari suatu benda, gerakan mendorong atau menarik dapat mengakibatkan suatu benda mulai bergerak, berhenti atau berubah tergantung pada sifat fisik benda dan besarnya kekuatan serta fisik tumpuan dari arah kekuatan.”

Moeloek (1984:59) menjelaskan bahwa: "Kekuatan otot menjelaskan: "Kekuatan otot diartikan sebagai tenaga yang dapat dikerahkan sekelompok otot pada usaha tunggal yang maksimal". Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kekuatan otot adalah tenaga yang dapat dikerahkan kelompok otot dalam menerima beban sewaktu melakukan aktivitas olahraga. Tenaga maksimal yang dikerahkan kelompok otot tergantung pada jenis kontraksi yang digunakan. Tenaga dari gumpalan otot yang berkontraksi, menyebabkan timbulnya daya pegas otot, jika daya pegas ini besar maka kekuatan yang dimiliki akan semakin baik.