Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Atletik Menurut Pendapat Para Ahli

Atletik merupakan olahraga tertua didunia karena unsur dari atletik yang terdiri dari jalan, lari, lompat dan lempar digunakan pada semua olahraga lainnya. Atletik adalah cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Karena atletik memiliki beberapa bentuk kegiatan yang beragam, maka atletik dapat dijadikan sebagai dasar pembinaan cabang olahraga lainnya
Atletik juga merupakan olahraga yang dipelajari di Sekolah-sekolah pada materi Atletik pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Atletik yang diperlombakan pada tingkat sekolah dasar berbeda dengan sekolah menengah maupun sekolah tingkat atas. pada tingkat sekolah dasar yang diperlombakan adalah atletik kid, sedangkan pada tingkat sekolah menengah pertama atletik yang dilombakan adalah trilomba, yaitu meliputi; 100 meter, lompat jauh dan tolak peluru.


Pengertian Atletik Menurut Pendapat Para Ahli

Atletik berasal dari istilah kata athlon atau athlun yang berasal dari bahasa Yunani yang mengandung makna: pertandingan dan perlombaan. Orang yang sering melakukan olahraga ini disebut dengan athleton. sering juga disebut dalam bahasa Indonesia yaitu atlit. 

Menurut Depdiknas 2004 menjelaskan pengertian Atletik adalah suatu unsur dari PJOK dengan mencakup komponen-komponen pendidikan secara keseluruhan yang mengutamakan aktivitas fisik dan juga pembinaan hidup sehat serta pengembangan jasmani, mental, sosial dan emosional yang serasi, selaras dan seimbang”.  

Saputra 2001:2 menyebutkan bahwa Atletik adalah suatu aktivitas jasmani yang bisa diperlombakan dalam kegiatan jalan, lari, lempar, dan lompat. 

Eddy Purnomo 2011 mengemukakan atletik merupakan suatu aktivitas fisik atau kegiatan jasmani yang terdiri atas gerakan dasar yang harmonis serta dinamis, yaitu jalan, lari, lempar dan juga lompat.

Sukirno 2010 Menjelaskan bahwa definisi atletik merupakan olahraga tertua serta induk dari semua cabang olahraga atau dikenal dengan istilah mother of sport.

Menurut Depdiknas 2004 bahwa: “Pendidkan atletik di sekolah lebih mengutamakan pada: 1. Pemenuhan minat untuk bergerak. 2. Merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta perkembangan gerak. 3. Memelihara dan meningkatkan kesehatan serta kesegaran jasmani. 4. Membantu menanamkan rasa disiplin, kerjasama, kejujuran, mengenal akan peraturan dan norma-norma lainnya. 5. Membantu merehabilitasi kelainan gerak pada usia dini. 6. Menghindari rasa kebosanan. 7. Menangkal pengaruh buruk yang datangnya dari luar”.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa atletik merupakan aktifitas fisik yang terdiri dari beberapa komponen seperti jalan, lari, lempar, serta lompat. yang merupakan ibu dari semua cabang olahraga.