Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Tentang Pedagogik Pembelajaran Beserta Jawaban

Berikut ini 11 Soal Tentang Pedagogik Pembelajaran Beserta Jawaban yang dapat digunakan sebagai latihan untuk menghadapi ujian PPG dan juga PPPK guru.

1. Pengertian refleksi dalam pembelajaran PJOK 

Jawab:

Refleksi adalah proses bercermin diri atau merenungkan kembali tentang apa yang sudah terjadi dan apa yang sudah dilakukan, apa yang sudah baik dilakukan dan apa yang belum baik dilakukan. 


2. Mengapa refleksi dalam pembelajaran perlu dilakukan?

Jawab:

Aktivitas refleksi pada sebuah pembelajaran mempunyai tujuan yang esensial, yakni:Menilai bagaimana respon siswa dalam sebuah pembelajaran atau penyampaian sebuah materi; agar guru bisa memahami apa saja kelemahan dan kekurangan dari sebuah pembelajaran yang telah dipresentasikan di kelas; memahami akurasi sebuah model pendekatan pembelajaran yang dipakai


3. Konsep dan manfaat refleksi pembelajaran PJOK

a. Konsep

Jawab: 

Dalam konteks pembelajaran, refleksi adalah proses merenungkan kembali apa yang telah dilakukan guru dan siswa selama dan setelah proses pembelajaran. Apa yang sudah baik dilakukan dan apa yang belum baik dilakukan, baik oleh guru maupun oleh siswa,  dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya.  

b. Manfaat 

Jawab: 

  • Pelaksanaan KKBI, penulisan refleksi bertujuan untuk membantu guru pelatih:
  • Membentuk sikap keterbukaan minda dan kemahiran berfikir serta menaakul dalam usaha meningkatkan kualiti diri dan profesion perguruan.
  • Melihat sesuatu isu atau permasalahan secara mendalam serta kesediaanuntuk menyoal, menilai dan mengkritik diri sendiri
  • Menggunakan ilmu  yang diperoleh dan ilmu daripada pengalaman lampau untuk mengingat, merenung kembali aktiviti pendidikan yang dialaminya serta menganalisis dan menilai kesannya.
  • Menyelesaikan sesuatu masalah yang berlaku dalam konteks social yang melibatkan dirinya sendiri dan cara penyelesaian itu diperoleh darpada pengalaman pelajar itu sendiri
  • Membina pemikiran sendiri


4. Apa yang dimaksud pembelajaran blended learning?

Jawab:

Pembelajaran blended learning adalah suatu konsep cara pembelajaran baru di mana menggabungkan strategi tatap muka di ruang kelas dan pembelajaran jarak jauh atau daring (online). 

Penerapan pembelajaran campuran merupakan cara inovatif untuk meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam pelatihan.


5. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran e-learning?

Jawab:

E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.


6. Apa yang dimaksud dengan karakteristik?

Jawab:

Karakeristik merupakan bagian dari kepribadian. Menurut kamus besar bahasa indonesia karakteristik memiliki persamaan kata karakter atau watak yang berarti sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, prilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya


7. Apa yang dimaksud Problem Based Learning?

Jawab:

Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasih masalah adalah model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan.


8. Apa artinya Discovery Learning?

Jawab:

Model pembelajaran penyingkapan/penemuan (Discovery/Inquiry Learning) adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan.


9. Apa itu model pembelajaran inkuiri?

Jawab:

Model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) adalah suatu model pengajaran yang menekankan pada proses penemuan konsep dan hubungan antar konsep dimana siswa merancang sendiri prosedur percobaan sehingga peran siswa lebih dominan, sedangkan guru membimbing siswa kearah yang tepat/benar.


10. Apa saja karakteristik peserta didik tingkat SD?

Jawab:

Karakteristik anak usia SD adalah senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, serta senang merasakan/ melakukan sesuatu secara langsung.


11. Mengapa memahami karakteristik peserta didik SD itu penting bagi seorang pendidik jenjang SD?

Jawab:

Pendidik diharuskan untuk memahami karakteristik peserta didik, karena dengan pemahaman karakteristik peserta didik akan memudahkan pendidik untuk menentukan tujuan, metode, media pembelajaran, dan materi pelajaran yang dapat digunakan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar


Post a Comment for "11 Soal Tentang Pedagogik Pembelajaran Beserta Jawaban"