Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permainan Modifikasi Materi Sepak Bola Untuk Siswa SMP

Permainan Sepak bola merupakan salah satu materi dalam permainan bola besar dalam mata pelajaran Sepak Bola. Sepak bola juga merupakan permainan yang sangat disenangi oleh siswa-siswa ketika mata pelajaran PJOK berlangsung.

Permainan bola besar adalah aktivitas fisik yang dikembangkan ke dalam permainan, Olahraga permainan bola besar dibagi menjadi tiga, yaitu: Sepakbola, bola basket dan bola voli.

Bermain atau play merupakan aktivitas jasmani yang mengandung unsur kebebasan dan ada ketidak pastian, sedangkan permainan adalah suatu bentuk aktivitas jasmani kompetitif yang ditentukan oleh keterampilan fisikal:seperti unsur strategi, dan kombinasi diantara keduannya.

Supaya pembelajaran lebih menarik, anda dapat mencoba beberapa permainan modifikasi sepakbola pada materi permainan bola besar. Berikut ini beberapa kumpulan permainan modifikasi sepak bola yang telah penulis rangkum dari sumber buku guru kelas IX SMP.


1. Permainan Sepak Bola Gawang Sudut

Permainan sepak bola modifikasi

Deskripsi pembelajaran 
:   

Melewatkan bola ke garis gawang sudut oleh dua orang berpasangan secara kerja sama, saling respek, peduli, empati, dan simpati, mengenali dan memanfaatkan ruang, posisi bermain, jarak, dan waktu permainan, dan mengembangkan keterampilan mem-passing bola. 

Aturan dan peraturan permainan:
  1. Buatla dua kelompok siswa ke dalam 3 atau 4 pasangan.
  2. Lakukan operan passing bola pada setiap pasangan (pengenalan).
  3. Lakukan operan passing bola melewati garis gawang sudut.
  4. Hindari keadaan merangsek bola dengan cara memanfaatkan  ruang dan waktu yang tersedia.
  5. Gunakan pikiran untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa melewatkan bola ke garis gawang. angka.
  6. Permainan berlangsung selama 10 sampai 12 menit.

Ketika pembelajaran berlangsung, kamu harus mempelajari hal lain yang mendukung terhadap permainan gawang sudut, yakni berkaitan dengan teknik dasar permainan sepak bola. 

Teknik dasar yang harus kamu lakukan, yakni passing pendek, men-driblle, menahan bola. Ketika melakukannya, misalnya mem-passing, kamu gunakan kaki bagian dalam punggung kaki dan kura-kura. Hal lain juga kamu lakukan ketika kamu menahan dengan kaki bagian dalam, men-driblle dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, dsb. 

Kombinasi penambahan latihan teknik ini bisa kamu lakukan di awal pembelajaran sebelum kamu melakukan permainan gawang sudut atau ketika setelah kamu melakukan permainan gawang sudut sehingga kamu akan  mendapatkan  teknik dasar yang diharapkan dari permainan yang kamu lakukan.

2.  Permainan Sepak Bola Gawang Delapan

Permainan sepak bola modifikasi

Deskripsi Pembelajaran:
Memasukkan atau menjatuhkan tanda gawang (misal: Botol air mineral bekas) yang telah disediakan secara individual ataupun yang telah disediakan oleh guru yang telah merancang tugas belajar gerak. 

Aktifitas pembelajaran gawang delapan tidak berbeda jauh dengan pembelajaran sebelumnya, yaitu pembelajaran gawang sudut dimana lebih menekankan pada urutan pembelajaran yang menekankan pada mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

Aturan dan peraturan permainan:

  1. Buatlah gawang atau titik pada setiap sudut gawang, bisa menggunakan botol air mineral kosong, cone, atau corong.
  2. Setiap gawang atau titik botol air mineral kosong dijaga oleh satu pemain.
  3. Siswa yang belum mendapatkan kesempatan bermain berada di pinggir lapangan. menjatuhkan titik air mineral lawan melalui dribbling bola ke arah gawang atau titik botol air mineral kosong lawan, tetapi hindari jangan sampai gawang atau titik botol air mineral sendiri dijatuhkan melalui bola tendangan lawan.
  4. Pemain yang gawangnya kemasukan bola atau botol air mineralnya jatuh karena tendangan bola lawan, dapat digantikan oleh siswa lainnya dengan terlebih dahulu memosisikan gawang atau botol air mineral di tempatnya. 
  5. Skor dapat diperoleh bila satu orang pemain dapat melewatkan bola ke garis gawang dan atau menjatuhkan botol air mineral kosong lawan.
  6. Gunakan pikiran untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa melewatkan bola ke garis gawang.
  7. manfaatkan delapan gawang yang tersedia untuk mencetak angka
  8. Permainan berlangsung selama 10 sampai 12 menit.

Ketika waktu untuk melakukan aktivitas permainan gawang delapan dilaksanakan, cobalah kamu selingi teknik dasar yang mendukung terhadap pencapaian permainan gawang delapan yang maksimal seperti ketika kamu melakukan pemainan gawang sudut dimana teknik dasar yang mendukung di antaranya passing, driblle, dsb. Semua teknik tersebut kamu lakukan dengan variasi baik dengan menggunakan kaki bagian dalam punggung.


3. Permainan Sepak Bola End Zone

Permainan sepak bola modifikasi

Deskripsi pembelajaran: 
   
Melewatkan bola sampai ke penjaga gawang yang berada di daerah end zone. Hal ini dilakukan oleh dua orang secara berpasangan dan menunjukkan perilaku kerja sama, saling respek, peduli, empati, dan simpati. 
Dalam melakukan pembelajaran sepak bola end zone kalian harus bisa mengenali dan memanfaatkan ruang, posisi bermain, jarak, dan waktu permainan, dan mengembangkan keterampilan mem-passing bola. pengetahuan, sikap dan keterampilan. Selain kamu harus melakukan driblle bola, kamu juga harus  mengembangkan hal lain yang merupakan inti dalam pembelajaran  yang kamu lakukan. 

Aturan peraturan permainan
  1. Buatlah dua kelompok siswa ke dalam 3 atau 4 pasangan
  2. Lakukan operan passing bola pada setiap pasangan (pengenalan).
  3. Lakukan operan passing bola ke arah end zone dimana salah satu teman regu kalian bergerak ke arah kiri dan kanan.
  4. Skor dapat diperoleh bila satu orang me-passing bola ke arah  end zone dan bola tertahan oleh kaki teman di daerah end zone.
  5. Hindari keadaan merangsek bola, dengan cara memanfaatkan ruang dan waktu yang tersedia.
  6. Gunakan pikiran, perasaan, dan perbuatan untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa agar bola dapat ditahan oleh pemain di garis end zone.
  7. Manfaatkan ruang terbuka yang tersedia untuk mencetak angka.
  8. Kembangkan kerja sama dan kekompakan bermain, serta kembangkan sikap menghargai/menghormati kawan dan lawan, sikap empati, simpati dan toleransi dalam suatu interaksi yang harmonis.
  9. Lakukan komunikasi sosial yang didasari oleh adanya rasa kebersamaan.
  10. Membantu pemain yang belum bisa melakukan gerakan mengoper bola atau menendang bola dengan baik.
  11. Lakukan permainan dengan penuh kesadaran dan pengendalian diri.
  12. Permainan berlangsung 10 sampai 12 menit.

4. Permainan Sepakbola Lewati Garis Pertahanan

Permainan sepak bola modifikasi

Deskripsi Pembelajaran:
Peserta didik harus bisa melewati halangan teman digaris pertahanan dengan cara mendribling bolah dan berupaya jangan sampai bola tidak melewati garis pertahanan.
lakukan gerakan melewati teman dengan cara mendribling bola dengan menunjukkan sikap kerja sama, saling respek, peduli, empati dan simpati.

Aturan dan peraturan permainan:
  1. Buatlah dua kelompok siswa ke dalam 3 atau 4 pasangan sesuai dengan keadaan kelas.
  2. Lakukan gerakan menggiring bola pada setiap pasangan dengan jarak yang kalian inginkan (pengenalan).
  3. Lakukan gerakan menggiring bola dan berusaha melewati lawan yang berusaha menghadang di garis pertahanan. 
  4. Skor dapat diperoleh bila kalian bisa melewati semua teman di garis pertahanan yang berusaha menggagalkan upaya dribblingbola.
  5. Hindari kegagalan menggiring bola dengan cara memanfaatkan ruang dan waktu yang tersedia.
  6. Gunakan pikiran untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa melewati teman yang ingin menghalangi/menggagalkan dribbling bola.
  7. Jika tidak bisa melewati teman yang menghalangi di garis pertahanan, kembalilah ke titik awal pada saat memulai permainan.
  8. Setelah bisa melewati garis pertahanan akhir, kembalilah melewati garis pertahanan dengan men-dribbling bola ke titik awal saat memulai permainan.
  9. Skor diperoleh bila pemain mampu melewati garis pertahanan akhir dan kembali ke titik awal saat memulai permainan.
  10. Kembangkan upaya-upaya gerak-tipu dribbling bola melalui daya penalaran, perasaan dan perbuatan agar berhasil melewati garis pertahanan lawan.
  11. Dalam satu kali serangan ke garis pertahanan lawan dapat dilakukan oleh dua pemain penyerang.
  12. Permainan bisa dikembangkan dengan cara regu menyerang melakukan passing bola, pemain di garis pertahanan berusaha untuk menggagalkan operan bola.
  13. Permainan berlangsung selama 10 – 12 menit atau disesuaikan dengan kondisi kelas dan kebutuhan.

Sumber: Buku PJOK Siswa kelas IX SMP

Post a Comment for "Permainan Modifikasi Materi Sepak Bola Untuk Siswa SMP"