Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajar Teks Invitation

Pengertian Teks Invitation 

Menurut  Oxford  Learner’s Dictionary  mengartikan  “invitation” sebagai  berikut:  a spoken or written request to somebody to do something or to go somewhere.

Jadi “invitation” adalah permintaan baik berupa ucapan atau tertulis kepada seseorang untuk melakukan sesuatu atau pergi ke suatu tempat. 

Menurut vocabulary.com, invitation adalah: An invitation is a request, a solicitation, or an attempt to get another person to join you at a specific event. 

Jadi, jika artikan dalam bahasa Indonesia, invitation atau undangan adalah permintaan, ajakan, atau upaya terhadap orang lain agar bersedia bergabung dengan kita pada suatu acara tertentu.


Cara Mengajarkan Teks Invitation 

Tahapan dalam pendekatan saintifik,  Uraian kegiatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Mengamati 

Pada tahap mengamati, Anda dapat meminta peserta didik untuk mempelajari Teks Invitation dengan tugas menentukan struktur teks; unsur kebahasaan; dan informasi umum. Lalu siswa diminta untuk mendiskusikan jawabannya bersama-sama bisa berpasangan atau berkelompok.


Menanya 

Setelah peserta didik memahami tentang isi, apa, kapan, bagaimana dsb, maka Anda dapat merangsang peserta didik untuk menanyakan informasi rinci dan makna kata dari teks invitation tersebut.


Mengumpulkan data 

Pada tahapan ini siswa mencari contoh invitation dari berbagai sumber, dan secara berkelompok mendiskusikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dari teks factual report yang di dapatkan dari berbagai sumber. 


Mengasosiasi 

Siswa membandingkan contoh teks awal dan contoh teks yang didapatkan dari berbagai sumber dan mengerjakan latihan – latihan megenai Teks Invitation. 


Mengomunikasikan 

Siswa mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusinya dalam bentuk Power Point .

Cara Mengajarkan Teks Invitation